Tak Mudah Lapar Saat Puasa Jenis Makanan Ini Bisa Memberikan Efek Mengenyangkan Lebih Lama

Tak Mudah Lapar Saat Puasa Jenis Makanan Ini Bisa Memberikan Efek Mengenyangkan Lebih Lama. Penasaran Apa Saja Itu? Simak Informasinya Berikut Ini.

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim. Setiap hari selama sebulan penuh, mereka yang tidak berhalangan diharuskan menahan nafsu, lapar dan dahaga.

Supaya kuat menjalani puasa seharian, umat muslim disunnahkan untuk makan sahur. Karena pentingnya makan sahur, hendaknya kita mengkonsumsi makanan bernutrisi, sehat dan mengenyangkan. Dengan begitu, kita tak mudah lapar saat berpuasa terutama di siang hari.


Apel Dan Alpukat

alpukat

Di sisi lain, alpukat juga mengandung banyak serat dan lemak baik yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh. Selain itu, alpukat juga kaya akan folat, potassium dan vitamin E yang bisa sangat mengenyangkan. 

Karena itulah usahakan untuk mengkonsumsi semangkuk alpukat atau segelas jus alpukat murni saat sahur agar kamu tak mudah lapar di siang hari.

Menutup sahur dengan mengkonsumsi apel atau alpukat bisa jadi pilihan yang tepat, karena dua buah ini bisa menunda lapar lebih lama. 

Apel kaya akan serat dan mengandung kadar air yang tinggi sehingga mampu memberi efek mengenyangkan. Saat makan apel, sebaiknya jangan buang kulitnya karena kulit apel mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan.


Kacang Dan Biji-Bijian

Jika setelah sahur kamu terbiasa menunggu Subuh sambil menyaksikan TV atau bermain ponsel, sebaiknya iringi dengan memakan kacang sebagai camilan. Kacang-kacangan kaya akan protein dan karbohidrat kompleks yang bersifat mengenyangkan. 

Selain kacang, biji-bijian juga bisa kamu jadikan pilihan camilan yang tepat setelah sahur. Biji-bijian kaya akan serat yang bisa membantu sistem pencernaan sekaligus membersihkan saluran pencernaan. Sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar meski berpuasa seharian.


Kurma

Kurma merupakan makanan tinggi serat yang dapat membantu memperlambat penyerapan makanan di usus besar. Hal ini akan membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, kandungan protein pada kurma juga sulit dicerna sehingga waktu transisi di usus besar jadi lebih lama.

Dengan begitu, kamu tak mudah lapar saat berpuasa seharianKurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadan. Umumnya, umat muslim mengkonsumsi kurma sebagai "tradisi" saat bulan Ramadan. 

Biasanya, orang-orang mengkonsumsi kurma saat buka puasa sebagai camilan. Padahal buah satu ini juga cocok dikonsumsi saat sahur karena memberikan efek mengenyangkan, sehingga kita tidak mudah lapar saat puasa seharian.


Ubi Dan Beras Merah

Selain ubi, kamu juga bisa mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti nasi putih. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan karbohidrat kompleks di mana proses pemecahan dan penyerapannya memerlukan waktu lebih lama daripada karbohidrat biasa. 

Dengan mengkonsumsi beras merah saat sahur, dijamin kamu bakal kenyang lebih lama saat berpuasa.Ubi merupakan salah satu makanan sehat yang rendah kalori. 

Bahkan kandungan kalori yang ada di dalamnya lebih rendah daripada yang ada di dalam kentang. Selain itu, ubi juga memiliki banyak serat yang bisa mengendalikan rasa lapar sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Kamu bisa memakan ubi yang direbus saat sahur sebagai pengganti nasi.


Oatmeal

Selain itu, oatmeal juga tinggi serat yang bisa memberi efek kenyang lebih lama. Karena itulah makanan dari gandum utuh ini cocok banget disantap saat sahur agar kamu tak mudah lapar saat berpuasa.

Agar lebih menyehatkan, sebaiknya tambahkan susu, almond dan buah-buahan segar di atasnya.Oatmeal merupakan salah satu makanan menyehatkan sekaligus mengenyangkan. 

Hal ini disebabkan karena oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang mampu memberi energi pada tubuh dan otak agar tetap fit saat beraktivitas seharian.


Telur

Bagi kamu yang sedang menjalani ibadah puasa, ada baiknya untuk memakan sebutir telur sebagai hidangan penutup saat sahur. Dengan begitu, kamu bakal bersemangat sepanjang hari sampai waktu berbuka tiba.

Telur juga bisa kamu jadikan pilihan makanan mengenyangkan yang cocok disantap saat sahur. Hal ini dikarenakan telur kaya akan protein dan lemak yang bisa membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

Tapi bagi kalian yang mengkhawatirkan kandungan kolesterol di bagian kuning telurnya, kalian bisa memakan bagian putih telurnya saja untuk menunda lapar.


Sup Sayur

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Pennsylvania State University menemukan fakta bahwa orang yang makan satu porsi sup sayur untuk sarapan, cenderung makan 100 kalori yang lebih sedikit saat siang daripada wanita yang makan nasi saat sarapan.

Bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, puasa menjadi momen tepat untuk meraih tujuanmu ini. Untuk menyempurnakan program dietmu, tetap konsumsi makanan sehat dan mengenyangkan saat sahur. Salah satunya adalah sup sayur. 

Kandungan nutrisi dan komposisi air di dalamnya bisa membuatmu kenyang dalam waktu yang lama sehingga kamu tak mudah lapar saat berpuasa.


Ikan Dan Daging

Selain ikan, daging ayam dan daging sapi juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk dikonsumsi saat sahur. Pasalnya kedua makanan ini mengandung protein tinggi yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi.

Dengan begitu, kamu tak akan mudah lapar meski berpuasa seharian.Makanan mengenyangkan berikutnya yang cocok disantap saat sahur adalah ikan dan daging. 

Contoh jenis ikan yang bisa menunda lapar adalah salmon dan tuna karena mengandung banyak lemak baik dan ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Agar lebih menyehatkan, sebaiknya panggang atau kukus ikan salmon dan tambah dengan sayuran hijau.

Lebih baru Lebih lama